Simak 8 Tips Jadi Youtuber Alam Populer Ini

Kamu tahu nggak apa kira-kira profesi yang paling dicita-citakan anak zaman sekarang? Kalau kamu menjawab “Youtuber” maka kamu benar.

Serius? Dua rius malah.

Tapi, bukankah anak-anak biasanya menggandrungi profesi seperti dokter, pilot, guru, hingga presiden untuk dijadikan cita-cita ya?

Perusahaan mainan kelas dunia, Lego, beberapa waktu lalu sudah melakukan servei ke sekitar 3.000-an anak usia lima sampai dua belas tahun di Amerika Serikat (AS).

Dan hasilnya menyatakan kalau Vlogger / Youtuber menduduki peringkat tertinggi mengalahkan beberapa jenis profesi lain seperti guru, atlit profesional, pemusik, hingga astronot.

By the way, meskipun survei tersebut dilakukan di AS, kecenderungan serupa juga terjadi di Indonesia kok. Iya, meskipun belum menempati posisi satu tetapi sudah cukup diminati oleh kids  zaman now.

Youtuber populer China, Li Zi Qi| Ilustrasi gambar : thedailychina.org

Youtuber Jelajah Alam

Ada begitu banyak genre kanal youtube mulai dari kuliner, podcast,  travelling, hingga jelajah alam yang cukup menarik minat para youtuber pemula dalam memulai karirnya di bidang ini.

Namun, perlu kamu ingat bahwa persaingan di dunia youtuber itu belakangan semakin berat lho.

Youtuber Li Zi Qi, yang menampilkan konten kegiatannya sehari-harinya hidup berdampingan dengan alam mungkin mampu meraup viewer hingga puluhan juta.

Kanal youtube Go4x4 yang menyajikan konten camping di hutan-hutan indah Australia pun berhasil menarik minat jutaan orang untuk menonton videonya.

Sedangkan untuk youtuber lokal, Andrew Kalaweit dengan konten kehidupan alamnya juga berhasil mendatangkan subscriber bejibun serta penonton yang tidak sedikit.

Hanya saja, meskipun konten-konten bernuansa alam cukup diminati oleh banyak pengguna youtube, hal itu bukanlah jaminan manakala kamu ikut terjun kesana pasti akan mendapatkan hasil serupa.

Kalau sekadar bikin konten tapi tanpa memperhatikan beberapa aspek dalam pembuatannya sangat mungkin kanal youtube-mu hanya akan ditonton belasan pasang mata saja.

Itupun hanya dari kalangan sanak kerabat atau teman dekat yang iba terhadap karyamu.

Gak percaya? Terlalu!

Mau kanal youtube-mu bernasib seperti itu? Pasti enggaklah.

So, jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang youtuber, khususnya di bidang jelajah alam, sebelum membuat konten-konten video kamu mesti tahu dulu beberapa tips berikut agar mampu mengerek pamor dari konten yang kamu sajikan.

Ingat, jadi youtuber jelajah alam itu juga ada ilmunya.

Memang apa saja sih tipsnya?

Sabar dulu dong. Makanya pantengin sampai tuntas biar lengkap wawasan yang kamu dapat. Hehehe..

8 Tips Bikin Konten Video Jelajah Alam

Konten dari youtube jelajah alam tidak semata mencari view yang menarik dan menayangkan pemandangan alam atau kegiatanmu bersama alam sekitar saja.

Ada beberapa detail yang juga mesti kamu perhatikan dalam proses menghasilkan konten. Apa itu? Monggo disimak.

#1. Suasana Hujan di Malam Hari

Para penikmat youtube mengunjungi kanal-kanal youtube jelajah alam biasanya karena ingin berelaksasi.

Mereka ingin mengusir penat aktivitas atau menghilangkan jenuh dari kegiatan menjelajah dunia maya dengan segala pemberitaan dan dinamikanya.

Sehingga mereka perlu menyaksikan sesuatu yang tidak menuntut berfikir berat.

Bisa jadi mereka menonton kanal youtube jelajah alam karena insomnia, sukar tidur di malam hari.

Konten youtube jelajah alam yang menyajikan suasana hujan pada waktu malam akan memberikan nilai tambah yang menarik minat penikmat youtube.

Karena dengannya mereka bisa memperoleh ruang relaksasi meskipun di tempatnya tinggal tidak sedang dalam situasi hujan sekalipun.

#2. Acara Masak dan Makan Malam

Meskipun bukan saluran kuliner para food vlogger, youtuber jelajah alam adakalanya perlu menyampaikan bahwa mereka juga manusia pada umumnya yang butuh asupan makanan setelah lelah beraktivitas.

Apalagi sewaktu malam hari dikala lelah sudah bertumpuk akibat seharian beraktivitas.

Sambil menikmati suasana alam, kegiatan memasak dan bersantapmu di alam sangat mungkin membuat para viewer merasakan sensasi nyaman dalam menonton.

Mungkin ada yang ikutan lapar meskipun di rumahnya cuma ada sajian ala kadarnya, tapi mereka bisa ikut merasakan sensasi lapar pasca beraktivitas.

#3. Suasana Alam Hijau

Apa yang paling menyenangkan dari meilhat suasana alam? Pemandangan yang hijau nan asri.

Inilah salah satu hal paling menarik dan paling identik dengan suasana alam, yakni suasana hijau rindang pepohonan dan dedaunan.

Konten kegiatan camping  yang dilakukan di tengah hutan dibandingkan melakukannya di pinggiran jalan raya tentu terasa sekali sensasi rasa nyamannya, bukan?

Kedekatan dengan hijaunya alam adalah aspek penting yang mesti kamu perhatikan saat membuat konten youtube genre ini.

#4. Maksimal 2 Orang Saja

Gak ada lo gak rame!”. Memang. Tapi ketika kamu membuat konten youtube jelajah alam juga perlu memperhatikan jumlah dari ‘pemeran’ konten. Usahakan jangan terlalu banyak.

Kenapa? Fokus para viewer menjadi berkurang terhadapmu sebagai lakon utama. Kamu sendiri saja sudah cukup. Paling banyak 2 orang saja.

Memangnya kalau lebih dari dua orang tidak boleh? Sebenarnya tidak masalah, asalkan jadi figuran yang muncul sekelebatan saja. (Emang penampakan? Hehehe)..

Tapi gitu ya, agar lebih maksimal konten yang kamu buat sebaiknya perhatikan hal ini.

#5. Proses Mendirikan Tempat Berlindung

Selain memasak, kegiatan membangun sesuatu juga cukup menarik untuk disajikan. Terutama jika menggunakan bahan-bahan langsung dari alam. Karena hal itu terkesan lebih natural.

Disamping tentunya konten yang kamu buat akan lebih optimal manakala kamu sendiri memiliki tempat berlindung yang layak dari kondisi alam lepas yang memang identik dengan keberadaan hewan liar atau sejenisnya.

#6. Perpanjang Durasi Waktu Suasana Istirahat Malam

Konten jelajah alam adalah tentang mengajak orang lain agar turut serta menikmati damainya alam sekitar meskipun para viewer itu berada di tempat yang jauh.

Seperti disampaikan pada poin pertama, tidak sedikit dari para viewer yang menjadikannya media pengantar tidur.

Ketika melihat seseorang tertidur pulas dalam suasana malam yang teduh, secara tidak langsung hal itu akan mempengaruhi orang lain agar turut merasakannya juga.

Kurang lengkap rasanya apabila penikmat kanal youtube-mu yang baru saja tertidur tiba-tiba terbangun lagi gegara durasi video habis padahal baru tertidur sebentar saja.  

#7. Efek Tungsten pada Kamera

Suasana alam pada dasarnya sudah tersajikan secara indah. Namun, hal itu terkadang perlu diperhalus lagi sehingga tampak seperti dunia penuh imajinasi.

Kalau kamu pernah menonton kalan youtube-nya Li Zi Qi maka kamu pasti ngeh dengan tampilan video yang ia buat.

Tampilan alamnya seperti ada efek biru keungunan sehingga terasa teduh dan sejuk dipandang mata.

Ini yang disebut dengan efek Tungsten yang dihasilkan oleh kamera.

Teknologi ini juga diadopsi oleh salah satu stasiun televisi anak muda, Net TV sehingga gambar yang disajikan oleh stasiun televisi tersebut ada kesan sejuk.

Mungkin kamera yang bisa menghasilkan efek tersebut harganya lumayan menguras kantong ya.

Tetapi ketika kanal youtube milikmu sudah cukup menghasilkan maka tidak ada salahnya meningkatkan level visual kontenmu dong.

#8. Aksi Peduli Alam Sekitar

Yang namanya jelajah alam seharusnya disertai juga dengan kepedulian terhadap alam tersebut.

Bukan semata menyajikan panorama alamnya saja, atau memanfaatkan apa yang tersedia dari alam. Tetapi juga keterlibatanmu dalam merawat alam itu.

Misalnya, saat kamu membuat tempat berlindung dari kayu ataupun bambu yang terdapat di alam, semestinya itu disertai juga kegiatan menanam kembali sehingga tidak terkesan bahwa dirimu adalah perusak alam.

Apalagi generasi muda sekarang tergolong punya perhatian tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Jangan sampai image buruk itu disangkakan pada kanal youtube yang kamu punya.

***

Jadi, itu tadi ya beberapa tips yang bisa kamu coba jalankan ketika hendak membuat konten youtube jelajah alam.

Memang bukan jaminan sih manakala kamu mempraktikannya nanti maka viewer ataupun subscriber-mu akan langsung melonjak signifikan.

Kamu juga mesti terus aktif memperkenalkan kanal youtube yang kamu punya kepada khalayak.

Perlu diingat, jangan mengemis subscriber ya. Sajikan saja konten terbaik.

Para youtuber kelas dunia seperti Li Zi Qi misalnya, dia tidak berbicara sepatah katapun kepada para viewer agar melakukan like, subscribe, ataupun meminta menyalakan lonceng notifikasi.

Asalkan kontenmu berkualitas dan meninggalkan kesan baik pada penikmatnya maka dengan sendirinya mereka akan mengikutimu tanpa kamu harus memintanya.

Sepakat?

Maturnuwun,

Agil Septiyan Habib

NB : Anda bisa menemukan tulisan saya yang lain disini atau disini.

Share this article :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top